Cara untuk Meningkatkan Keamanan di WordPress

Admin Fiafini
20 June, 2024

Keamanan area admin dan proteksi terhadap serangan brute force adalah langkah penting dalam menjaga keamanan di WordPress kamu.

Dalam artikel ini, Kami akan membahas secara rinci tentang cara untuk meningkatkan keamanan di WordPress.

Kami akan mengeksplorasi langkah-langkah praktis yang dapat kamu ambil untuk meningkatkan keamanan area admin dan menghadapi ancaman serangan brute force.

Bagi yang penasaran bagaimana caranya, simak artikel di bawah ini!

Mengamankan Area Admin

Area admin WordPress adalah bagian kritis dari situs, tempat untuk melakukan pengelolaan konten dan konfigurasi situs. Langkah-langkah berikut akan membantu kamu meningkatkan keamanan area admin:

1. Perlindungan dengan Kata Sandi Tambahan

  • Buat file .htaccess dan .htpasswd di direktori wp-admin kamu untuk menambahkan lapisan keamanan dengan kata sandi tambahan.
  • File .htaccess digunakan untuk menentukan pengaturan akses dengan menyertakan kode untuk otentikasi dasar dan mengarahkan ke file .htpasswd.
  • File .htpasswd berisi nama pengguna dan kata sandi yang disandikan.
  • Dengan menggunakan metode ini, akses ke area admin akan diminta kata sandi tambahan, meningkatkan keamanan secara keseluruhan.

2. Memblokir Akses Berdasarkan Alamat IP

  • Jika kamu ingin membatasi akses ke area admin hanya untuk alamat IP tertentu, Kamu dapat mengatur aturan dalam file .htaccess.
  • Dengan menambahkan aturan allow from dengan alamat IP yang diizinkan, Kamu dapat memblokir akses dari alamat IP yang tidak diinginkan.

Baca Juga : 11 Langkah untuk keamanan WordPress Anda

3. Mengamankan dari Serangan Brute Force

Serangan brute force adalah upaya untuk menebak kombinasi nama pengguna dan kata sandi secara berulang-ulang hingga berhasil masuk.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi serangan brute force:

Mengubah Pesan Kesalahan Default

  • Ubah pesan kesalahan default yang ditampilkan oleh WordPress ketika ada kesalahan masuk.
  • Dengan mengubah pesan kesalahan menjadi lebih umum, Kamu dapat mengurangi kemungkinan penyerang mengetahui apakah nama pengguna atau kata sandi yang salah.

Mengubah Nama Pengguna Admin Default

  • Ubah nama pengguna admin default WordPress untuk mengurangi risiko serangan brute force.
  • Dengan menggunakan nama pengguna yang unik, Kamu dapat membuat serangan brute force menjadi lebih sulit dilakukan.

Menyembunyikan Nama Pengguna dari Kelas Komentar

  • Jika Kamu menggunakan nama pengguna admin untuk berkomentar di blog, pertimbangkan untuk menyembunyikan nama pengguna dari kelas komentar.
  • Dengan mengubah kelas komentar, Kamu dapat mengurangi risiko penyerang mengetahui nama pengguna admin.

Batasi Jumlah Upaya Login

  • Instal plugin seperti Simple Login LockDown untuk membatasi jumlah upaya login yang gagal dalam rentang waktu tertentu.
  • Dengan membatasi jumlah upaya login, Kamu dapat mencegah serangan brute force dengan memblokir akses dari alamat IP yang mencoba login secara berulang-ulang.

Dengan mengimplementasikan langkah-langkah ini, Kamu dapat meningkatkan keamanan area admin dan mengurangi risiko serangan brute force terhadap situs WordPress kamu. 

Selalu perhatikan keamanan situs kamu dan tetap update dengan perkembangan teknologi keamanan yang terbaru untuk menjaga situs kamu tetap aman dari ancaman siber.

Itulah artikel tentang cara untuk meningkatkan keamanan di WordPress, yang bisa kami bagikan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari tahu bagaimana cara untuk meningkatkan keamanan di WordPress.

Jika ada kritik dan saran yang dapat memotivasi, silahkan berikan komentar atau kirim melalui formulir hubungi kami.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram